nusakini.com - Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan, Taufik Kurniawan meyakini dibawah kepemimpinan Trump yang hari ini akan dilantik sebagai Presiden ke-45 Presiden Amerika Serikat (AS), hubungan Indonesia dengan AS akan lebih baik lagi.

“Saya meyakini, hubungan Indonesia dengan AS akan lebih baik di masa yang akan datang. Apalagi Trump bukanlah orang “asing” bagi sebagian kalangan di dalam negeri. Sebagai seorang pengusaha, Trump banyak berinteraksi dengan pengusaha-pengusaha dalam negeri. Hal ini merupakan modal penting dalam rangka menjalin komunikasi yang baik, demi kepentingan politik dan ekonomi dalam negeri,”ungkap Taufik dalam keterangan persnya kepada wartawan, Jumat (20/1/2017).

Ditambahkan Politisi dari Fraksi PAN, sebagai negara penganjur demokrasi dan menjadi contoh bagaimana demokrasi dijadikan nilai dan prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Trump tentu saja akan meneruskan tradisi pemerintahan dan pola-pola kepemimpinan yang selama ini dijadikan sebagai rujukan.

Taufik memandang kontroversi yang seringkali dialamatkan kepadanya merupakan bagian dari karakteristik kepemimpinan dalam merespon kondisi saat ini. Meski demikian, nilai-nilai dan prinsip-prinsip demokrasi tetap menjadi landasan rasional dalam menentukan kebijakan.

“Memang, berbagai kekhwatiran bermunculan seiring dengan terpilihnya Trump dan proyeksi-proyeksi kebijakan politik dan ekonomi AS di bawah kepemimpinannya. Namun, sebagai bangsa yang berdaulat dan memiliki prinsip politik luar negeri yang bebas dan aktif serta menjunjung tinggi kedaulatan negara-negara lain dalam menjalankan roda pemerintahannya, maka seharusnya kita menghormati apapun yang menjadi kebijakan Trump di masa yang akan datang,” jelas Pimpinan DPR Korekku tersebut.

Di sisi lain, ia meyakini bahwa Trump tentu memiliki kearifan tersendiri dalam menentukan kebijakan-kebijakannya yang tentu saja tidak akan merugikan kondisi dan stabilitas pemerintahan dalam negerinya. Dengan begitu, Taufik memandang kekhawatiran-kekhawatiran tersebut tidak perlu dibesar-besarkan apalagi menjadi kekhawatiran yang menggelisahkan kita. Toh, sebagaimana yang seringkali diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo dan pemerintah, fondasi perekonomian dalam negeri cukup kuat dalam menghadapi situasi global saat ini.

Meskipun beberapa kebijakan ekonomi Trump yang setiap saat akan menimbulkan gejolak global seperti pemangkasan pajak, kenaikan suku bunga hingga proteksionisme perdagangan, namun daya tarik ekonomi dalam negeri kita tetap menjadi alternatif bagi negara-negara lain.

“Selain itu, meski AS merupakan salah satu kiblat ekonomi dunia, kebijakan Trump tentu saja tidak serta-merta mempengaruhi ekonomi global dalam waktu dekat. Kita pun harus terus optimis dalam memandang keberadaan Trump sebagai Presiden AS,”tegas Taufik.

Tak lupa, Taufik juga menyampaikan selamat atas pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS ke-45. Selamat menjalankan tugas dan amanah yang dititipkan oleh rakyat AS.

“Mari kita titipkan optimisme bagi keberlangsungan hubungan AS dan Indonesia di masa yang akan datang. Semoga hubungan baik selama ini akan selalu terjaga, bahkan lebih meningkat, demi kepentingan kedua belah pihak, khusunya rakyat AS dan rakyat Indonesia,”pungkasnya. (p/mk)